Pertemuan 2
Pada pertemuan kedua kali ini, sudah memasuki materi dari kuliah Interaksi Manusia dan Komputer. Untuk materi pertama membahas tentan:
Definisi :
Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
Interaksi Manusia dan Komputer merupakan komunikasi dua arah antara pengguna (user) dengan sistem komputer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
I Interaksi Manusia dan Komputer merupakan disiplin ilmu yang mempelajari desain, evaluasi, implementasi dari sistem komputer interaktif untuk dipakai oleh manusia, beserta studi tentang faktor-faktor utama dalam lingkungan interaksinya.
Tujuan :
Menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable), memiliki manfaat dan mudah dioperasikan oleh user.
Fungsionalitas, fungsi-fungsi yang ada dlm sistem yg dibuat sesuai dengan perencanaan
Keamanan (safe), apakah sistem yg kita dibuat memiliki tingkat pengamanan data atau tidak.
Efeektifitas dan Efisiensi, berpengaruh pada produktifitas kerja dari penggunanya dan sistem yang dibuat harus berfungsi dengan baik.
Ruang lingkup :
Ruang Lingkup IMK meliputi 3 komponen :
Manusia
Manusia merupakan pengguna (user) yang memakai komputer. User ini berbeda-beda dan memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya dalam menggunakan komputer.
Komputer
Komputer merupakan peralatan elektronik yang meliputi hardware(perangkat keras) dan software (perangkat lunak)
Interaksi
Manusia dan komputer berinteraksi lewat masukan & keluaran melalui antarmuka
Prinsip kerja IMK :
User memberi perintah pada komputer & komputer mencetak/menuliskan tanggapan pada layar tampilan.
Komputer bekerja sesuai dengan instruksi yg diberikan oleh pengguna.
Fokus: perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface).
Antarmuka pemakai adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer.
Antarmuka manusia dan komputer :
Antarmuka komputer harus user friendly (ramah dengan pengguna) yaitu :
>>antarmuka yang bagus
>>mudah dioperasikan
>>mudah dipelajari
>>pengguna merasa senang menggunakan software tersebut.
Antarmuka yang berkualitas tinggi banyak dikagumi oleh orang-orang, beredar luas dan sering ditiru.
Suatu antarmuka/interface yang dibuat seharusnya tidak hanya dapat dilihat, disentuh atau didengar, tetapi juga mencakup konsep,kebutuhan user untuk mengetahui sistem komputer, dan harus dibuat terintegrasi ke seluruh sistem.
Bidang studi/ilmu yang berperan
Teknik Elektronika/Ilmu Komputer, memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI.
Psikologi, memahami sifat dan kebiasaan, persepsi dan pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna.
Perancangan Grafis dan tipografi, sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana yang cukup efektif untuk dialog antara manusia dan computer.
Ergonomik, aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Misal: bentuk keyboard, mouse, posisi duduk, dll.
Antropologi, utk memahami cara kerja berkelompok yg masing-masing anggota bekerja sesuai dengan bidangnya.
inguistik, untuk melakukan dialog diperlukan komunikasi yang memadai menggunakan bahasa khusus, seperti: bahasa grafis, bahasa menu, bahasa perintah.
inguistik, untuk melakukan dialog diperlukan komunikasi yang memadai menggunakan bahasa khusus, seperti: bahasa grafis, bahasa menu, bahasa perintah.
Sosiologi, studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena otomasi kantor.
Kesimpulan :
Interaksi merupakan komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
Interaksi manusia dan komputer merupakan komunikasi dua arah antara pengguna (user) dengan sistem komputer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Interaksi manusia dan komputer memiliki tiga komponen yaitu manusia, komputer dan interaksi.
Manusia dan komputer berinteraksi melalui suatu tampilan antarmuka/interface
Bidang studi/ilmu yang berperan dalam interaksi manusia dan komputer yaitu teknologi elektronika, ilmu komputer, psikologi, perancangan grafis, tipografi, ergonomik, antropologi, linguistik dan sosiologi.
1 Oktober 2020 pukul 02.33
Terimakasih kak, informasinya sangat bermanfaat & tentunya bisa membantu saya dalam pengerjaan tugas, hehe
salam kenal kak nama saya Aas Santriya dari ISB Atma Luhur